Friday, May 10, 2019

Review: Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50+/PA++++

biore-uv-aqua-rich-watery-essence-spf-50-review-esybabsy


Di sini, di mana pake lotion nyamuk dianggap lebih penting, pemakaian sunscreen seringkali dinomor-sekiankan. Iyaaa serius beneran. Coba kalian tanya ke temen yang bukan penyuka skincare/makeup, kemungkinan besar wajah mereka itu polos tanpa lapisan apapun. Padahal pemakaian sunscreen itu adalah kebutuhan, bukan buat genit-genitan.

Sinar matahari punya banyak dampak positif buat keberlangsungan hidup manusia, tapi efek negatifnya untuk kulit pun ada. Sinar matahari terbagi menjadi tiga menurut panjang gelombangnya, yaitu UVA, UVB, dan UVC. Sinar UVC memiliki ukuran gelombang yang paling pendek sekaligus paling merusak, tapi untungnya sudah 'diblokir' duluan oleh ozon bumi. Sedangkan UVA dan UVB tidak.




Sebagian besar sinar matahari yang ada di bumi adalah UVA, sifatnya sangat kuat, bisa menembus awan, kaca, bahkan hingga ke lapisan dermis kulit. Efek negatif bila sering terpapar UVA adalah kulit yang keriput, noda hitam bahkan kanker. Sedangkan UVB sifatnya tidak sekuat UVA karena hanya mampu menembus hingga ke lapisan epidermis kulit. Meskipun begitu terpapar UVB terlalu lama juga bisa menyebabkan kulit terasa terbakar, merah, dan perih.

Kalo dari penjelasan itu, udah kebayang kan pentingnya pemakaian tabir surya bahkan ketika kamu berada di dalam ruangan atau pas langit mendung? Tapi dari begitu banyak produk tabir surya yang ada di pasaran, seringkali kita bingung memilih yang efektif tapi juga nyaman dipake. Nggak pliket, nggak berminyak, nggak whitecast. Namanya juga manusia, banyak maunya ye kan?

Pertama, dari segi teknisnya dulu. Cari tabir surya yang memiliki klaim SPF (Sun Protection Factor) dan PA (protection Grade of UV A). SPF adalah perlindungan terhadap UVB yang dapat membuat kulit menjadi merah/perih, sedangkan PA adalah tingkat perlindungan terhadap UVA yang menyebabkan penuaan kulit.

Kedua, cari berdasarkan kenyamanannya. Nah kalo ini bagian yang susah tapi gampang karena perlu tes sendiri ke kulit kita. Apakah dia bikin komedoan, apakah bikin muka kelihatan seperti kilang minyak, apakah whitecast/bikin muka putih kayak hantu? Terus dites lagi apakah cocok ke kulit kita, misalnya bikin jerawatan atau komedoan apa ngga.

Selama beberapa tahun nyobain merk sunscreen/tabir surya, dan dari baca banyak sunscreen review di internet, gue udah coba banyak merk dari lokal maupun impor. Hasilnya cuma ada satu atau dua merk aja yang sesuai sama standar kenyamanan gue. Salah satunya adalah produk yang akan dibahas kali ini yaitu Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50+/PA++++.

KEMASAN

Biore UV Aqua Rich Watery Essence ini dikemas dalam tube alumunium berwarna biru dengan tutup ulir putih. Kemasan yang gue punya adalah versi 15 gram. Ada juga versi 50 gram-nya. Oh ya produk ini sempet ada revisi kemasan. Versi lamanya warna biru muda, sedangkan versi barunya seperti yang gue punya ini, berwarna biru muda juga tapi lebih jreng (apakah namanya biru air?).

Pada tube-nya ini didominasi oleh tulisan Jepang, gue nggak ngerti satupun artinya, tapi pada kotaknya tercantum informasi yang lengkap mengenai produk ini. Untuk tanggal pembuatan tercantum pada ujung tube.


biore-uv-aqua-rich-watery-essence-spf-50-review-esybabsy

biore-uv-aqua-rich-watery-essence-spf-50-review-esybabsy

biore-uv-aqua-rich-watery-essence-spf-50-review-esybabsy




KLAIM

  • SPF yang tinggi (SPF50+/PA++++).
  • Waterproof/sweatproof.
  • Water capsule formulation.
  • Tidak menimbulkan whitecast.
  • Tidak lengket dan mudah meresap sehingga nyaman di kulit.
  • Mengandung Hyaluronic Acid, Royal Jelly, dan Citrus Mix (ekstrak buah anggur, jeruk, dan lemon) yang menjaga kelembaban kulit.

CARA PAKAI

Usapkan secara merata pada wajah dan badan. Ya, sekadar info, produk ini juga bisa dipakai untuk badan loh. Jadi praktis banget kalau travelling, nggak perlu bawa dua jenis sunscreen untuk wajah dan badan. 

Sebaiknya pemakaian sunscreen adalah 15 menit sebelum keluar rumah. Ulangi pemakaian setiap 2-3 jam, atau setiap habis berkeringat banyak, setelah berenang, berwudhu, atau handukan. 

Kalo gue sih, karena merasa harga sunscreen ini lumayan, cuma pakai ini di wajah, sedangkan untuk di badan pakai merk yang lain. Takaran untuk di wajah gue adalah selebar uang koin atau sepanjang dua jari.


biore-uv-aqua-rich-watery-essence-spf-50-review-esybabsy

biore-uv-aqua-rich-watery-essence-spf-50-review-esybabsy

 TEKSTUR

Teksturnya berupa krim ringan yang sifatnya watery, berwarna putih kekuningan, sepintas mirip kayak salep tapi nggak greasy atau terasa berat. Sunscreen ini memiliki aroma samar seperti aroma obat/salep. At least begitulah menurut penciuman gue ya. Tapi aromanya ini segar sih, nggak bikin mabok. 

Ketika diaplikasikan, ada sensasi dingin-dingin semriwing di wajah. Dan kalo kamu makenya rata, dia akan cepat sekali meresap. Begitu meresap, kulit wajah rasanya ringan banget, nggak kayak abis pake sunscreen. It just sinks into your skin like magic. Kebetulan kondisi kulit gue adalah normal-dry.

Produk ini begitu meresap di wajah, hasilnya akan matte. Biasanya kalo produk model begini suka membentuk lapisan seperti lilin/film yang kalo digosok jadi mengelupas. Tapi ini nggak sih. Jadi bener-bener meresap ke kulit dengan sempurna. Pake makeup setelahnya pun nggak ada masalah.

Satu hal lagi yang gue suka selain teksturnya adalah, sunscreen ini nggak menimbulkan efek whitecast. Whitecast tuh maksudnya kalo dipake, muka sepintas keliatan putih mantul gitu loh. Terus kalo difoto, muka keliatan putih mengkilat sendiri. Yah google aja deh biar lebih jelas, karena gue juga bingung jelasinnya. Dari beberapa skincare review yang gue baca, kebanyakan sunscreen punya efek whitecast. Tapi Biore UV Aqua Rich Watery Essence ngga menimbulkan efek seperti itu. Perfect banget kan.

So far, Biore UV Aqua Rich Watery Essence ini udah jadi skincare routine buat gue. Sehari-hari gue jarang keluar rumah sih, maklum IRT. Tapi bukan berarti gue absen pake sunscreen tiap hari, meskipun di rumah atau langit mendung, gue akan tetap pake. Apalagi kamu yang aktivitasnya banyak di luar ruangan, misalnya pas lagi naek Go-jek atau waktu lagi nunggun supir Grab-mu.


biore-uv-aqua-rich-watery-essence-spf-50-review-esybabsy

Biore UV Aqua Rich Watery Essence dijual dengan harga ritel Rp. 115.800/kemasan 50 gram. Bisa kamu dapatkan secara langsung di apotik-apotik besar seperti Watsons atau Guardian. Kamu juga bisa membelinya secara online di sini:






2 comments:

Hi! Thanks for reading my blog! Please leave your thought in the comment section. But please do not leave any spam/link as I will not approve it. Thanks and have a nice day!

Latest Post

Review: Fanbo Perfect Pairs Lip & Cheek and Lip & Eye All Shades

Waktu awal taun 2019 lalu kan Fanbo sempet ada produk baru Ultra Satin Lipstick tuh ya, nah belom ada setaun kemudian ternyata F...